Cara Mengontrol Kekurangan Ability Menjadi Kekuatan Diri

Cara Mengontrol Kekurangan Ability Menjadi Kekuatan Diri – Ability pada dasarnya dapat diartikan sebagai kemampuan atau kompetensi untuk melakukan aktivitas pada tingkat tertentu. Dengan begitu, kekurangan ability adalah seseorang yang cenderung kurang dalam hal kemampuan tersebut. Tidak jarang seseorang yang memilikinya akan merasa kurang percaya diri termasuk untuk bergaul dengan bersosialisasi dengan orang lain.

Bagaimana Cara Mengontrol Kekurangan Ability?

Abroadwithdisabilities – Seseorang yang tidak memiliki ability yang cukup terkadang sering dianggap sebagai kekurangan yang dimiliki. Tentu saja hal tersebut tidak jarang membuat seseorang menjadi terjebak karena kemampuan seseorang yang terbilang jauh lebih lambat dibandingkan dengan kemampuan orang pada umumnya. Di bawah ini beberapa cara untuk mengontrol kekurangan tersebut:

1. Rangkul kelemahan Anda
Seperti yang diketahui, setiap orang tentu memiliki ability yang berbeda satu sama lain. Dalam hal ini tidak ada salahnya jika Anda memahami bagaimana diri yang berbeda tersebut. Hal ini juga termasuk sebagai langkah awal untuk mengenali diri sendiri. Anda dapat menerima sekaligus memahami apa yang menjadi kekurangan diri tersebut.

Selanjutnya, Anda dapat menulis kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Anda dapat menanyakan pada diri sendiri apakah sudah bersedia untuk mengubah sifat menjadi kekurangan. Kemudian, pada kelebihan yang dimiliki tersebut pastikan untuk meningkatkan lagi potensinya dengan keadaan yang rendah hati.

2. Menulis diary atau jurnal
Perlu diketahui bahwa diary maupun jurnal adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengontrol kekurangan yang ada di dalam diri seseorang. Dengan menulis diary maupun jurnal tersebut tentu akan membantu Anda dalam mengenal diri sendiri. Anda dapat menyiapkan jurnal atau diary secara khusus sehingga hanya Anda saja yang dapat membacanya.

Kemudian, lakukan pencatatan tentang rasa syukur yang ada dalam diri sendiri. Rutinkan aktivitas dalam mencatat tersebut. Tidak ada salahnya juga untuk menulis apa saja yang dipelajari kemudian apa yang ingin diubah di hari esok. Pastikan untuk lebih bebas dalam bercerita di diary atau jurnal tersebut.

3. Lakukan sesuatu untuk diri sendiri
Jangan lupa juga untuk meluangkan waktu secara khusus untuk melakukan aktivitas untuk diri sendiri. Salah satunya adalah melakukan apa yang menjadi hobi dan minat. Dengan melakukan hal yang diminati tersebut tentu dapat mengerjakan sesuatu dengan hasil yang jauh lebih memuaskan. Tentu saja hal ini dapat menjadi kelebihan atas kekurangan yang dimiliki.

Kemudian, jika Anda merasa kesulitan dan mendapatkan masalah maka hal itulah yang menjadi kekurangan. Saat menemui hal tersebut bukan berarti harus menyerah. Pastikan untuk memperbaikinya dengan lebih fokus kepada kelebihan yang ada.

4. Bertukar cerita kepada orang terdekat
Tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk menceritakan diri kepada sahabat atau orang terdekat lainnya. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui sosok diri sendiri di mata orang lain tersebut. Tidak hanya itu, pastikan juga untuk siap menerima semua saran maupun kritik dari orang lain tersebut. Hal ini akan bermanfaat untuk membangun kepribadian menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga : Cara Lebih Percaya Diri Atas Kekurangan Ability

Itulah beberapa informasi tentang cara mengontrol kekurangan ability menjadi kekuatan bagi diri sendiri. Setiap orang sendiri tentu mempunyai kekurangan dalam diri mereka. Tinggal bagaimana mereka dapat memanfaatkannya menjadi sebuah kekuatan. Kemudian, pastikan juga untuk yakin dan percaya bisa menghadapinya. Anda juga dapat mengikuti beberapa organisasi yang mendukung dan membantu kekurangan tersebut. Dengan begitu, tentu saja akan ada banyak manfaat dan ilmu yang diperoleh untuk dapat membangun diri menjadi seseorang yang jauh lebih kuat lagi.

Related posts